Penerimaan Mahasiswa dari Jenjang D-IV

Berdasar pengalaman beberapa tahun terakhir, Program Magister IKM juga menerima pendaftar dari jenjang D-IV dengan lulusan sama baik bila dibandingkan dengan pendaftar dari jenjang Sarjana. Berdasar UU terbaru, Prodi S2 dapat menerima jenjang D-IV, dengan dilakukan matrikulasi.

Peminatan yang menerima jenjang D-IV

1. Kesehatan Ibu dan Anak – Kesehatan Reproduksi (KIA-KR)
2. Gizi Kesehatan (GK)
3. Sistem Informasi Manajemen (SIMKES)
4. Perilaku dan Promosi Kesehatan (PPK)
5. Kesehatan Lingkungan (KESLING)
6. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Kurikulum

Kurikulum inti Program Magister IKM mengikuti pedoman Association of Schools of Public Health (ASPH) dengan kurikulum inti dan pilihan kurikulum peminatan. Beban studi: 40 – 50 SKS.

  • Untuk pendaftar D-IV, akan dilaksanakan matrikulasi sesuai peminatan, misalnya Kesehatan Ibu dan Anak-Kesehatan Reproduksi (KIA-KR), Gizi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, dll.
  • Untuk pendaftar peminatan KIA-KR D-IV Kebidanan dan Keperawatan, selain perkuliahan mata kuliah dasar umum (MKDU: Biostatistika, Epidemiologi, Kebijakan dan Manajemen Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, dan Perilaku dan Promosi Kesehatan), mahasiswa diharuskan mengikuti modul perkuliahan dengan topik Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Ante Natal Care (ANC), Layanan Persalinan, Layanan Pasca Persalinan, Program Keluarga Berencana (KB), Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Imunisasi, Nutrisi, Kesehatan Reproduksi-Infeksi Penyakit Menular (Kespro-IMS).
  • Untuk pendaftar D-IV lain, kewajiban mengikuti modul perkuliahan disesuaikan dengan peminatan yang diambil.